Categories: Health

Pengertian Gangguan Nikotin

Pengertian Gangguan Nikotin – Gangguan nikotin disebabkan oleh penggunaan tembakau. Hal ini meliputi keinginan yang sangat kuat untuk mengisap rokok, sehingga sulit mengontrol diri agar tidak merokok. Bahkan, penderita gangguan nikotin tetap merokok walaupun menimbulkan konsekuensi yang berbahaya. Mereka juga lebih memprioritaskan merokok dibanding aktivitas dan kewajiban lain.

Perubahan di dalam tubuh dapat disebabkan oleh nikotin, yaitu zat yang terkandung dalam produk tembakau. Nikotin dapat memengaruhi otak pengguna tembakau dan memang memberikan efek untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi dan memori jangka pendek, membuat nyaman, serta menurunkan selera makan. Namun, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, sama seperti alkohol dan zat terlarang jenis kokain.

Related Post

Gejala kecanduan atau ketergantungan nikotin

  • Tidak bisa berhenti merokok, meski sudah mencoba berulang kali, atau mengalami gangguan kesehatan atau penyakit yang berkaitan dengan rokok, seperti penyakit paru atau jantung
  • Mengalami gejala seperti putus obat (withdrawal), saat mencoba berhenti merokok
  • Mengorbankan kegiatan lain demi merokok
  • Peningkatan tekanan darah
  • Jantung berdebar
  • Penurunan berat badan

Penyebab Gangguan Nikotin

Gangguan ini disebabkan oleh nikotin yang terkandung dalam rokok. Zat berbahaya ini dapat mengganggu kerja otak sehingga dapat menimbulkan rasa ketagihan. Hal tersebut membuat seseorang sangat mungkin mengalami gangguan akibat nikotin.

Cara mencegah kecanduan nikotin

  • Berikan pemahaman mengenai dampak buruk dari kebiasaan merokok kepada anak-anak. Beritahu mereka mengenai bahaya tembakau. Dorong mereka untuk selalu menjaga dan menghargai kesehatan.
  • Jaga komunikasi yang baik dengan anak, terutama remaja. Cari tahu tentang keberadaan teman-teman anak yang memiliki kebiasaan merokok. Sebab, anak yang memiliki teman perokok, akan lebih mudah terpengaruh.
  • Ciptakan lingkungan bebas rokok. Semua tempat bekerja bebas rokok. Dukung tempat publik yang bebas dari rokok, termasuk restoran.

Pengobatan Gangguan Nikotin

Secara umum, pengobatan gangguan nikotin dilakukan dengan terapi pergantian nikotin dan obat-obatan khusus. Terapi tersebut bekerja dengan mengganti nikotin yang sebelumnya didapat dari tembakau dengan nikotin yang diberikan melalui tempelan di kulit. Bisa juga dengan permet karet nikotin, semprot hidung nikotin, tablet nikotin, dan lain-lain.

Itulah Pengertian Gangguan Nikotin beserta gejala, penyebab, cara mencegah serta cara mengobatinya.

Roisul Umam

Recent Posts

Jelaskan Keadaan Insang Pada Udang – Udangan

Bhataramedia.com - Jelaskan Keadaan Insang Pada Udang – Udangan. Seperti yang kita tahu, setiap hewan…

6 jam ago

Cara Nonton Film di Telegram Android

Bhataramedia.com - Cara Nonton Film di Telegram Android - Bagi anda pencinta film tentunya anda…

8 jam ago

Paket Harga Langganan Zoom

Bhataramedia.com - Paket Harga Langganan Zoom. Indonesia saat ini masih berada tengah – tengah pandemi…

1 hari ago

Cara Membuat Chat WhatsApp Jadi Baca Selengkapnya

Bhataramedia.com - Cara Membuat Chat WhatsApp Jadi Baca Selengkapnya - Mungkin dari kalian sering melihat…

1 hari ago

Perlindungan Monumen Alam Dan Perlindungan Pemandangan Alam

Bhataramedia.com - Perlindungan Monumen Alam Dan Perlindungan Pemandangan Alam. Indonesia merupakan salah satu negara yang…

2 hari ago

Cara Mengeluarkan Peserta Zoom

Bhataramedia.com - Cara Mengeluarkan Peserta Zoom - Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi…

2 hari ago