Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung

Bhataramedia.com – Jika ada yang namanya makanan sempurna, telur pasti yang menjadi kandidatnya. Telur mudah didapat, dimasak, harganya terjangkau dan tentunya kaya protein. Artikel ini akan menjelaskan Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung.

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa kuning telur sangat jahat bagi jantung. Terlalu banyak dan sering mengonsumsi kuning telur dapat menyebabkan penyakit jantung. Bahkan, untuk menghindari hal ini banyak orang yang hanya mengonsumsi putih telurnya saja dan membuang kuning telurnya. Namun, apakah benar kuning telur sejahat itu pada kesehatan jantung Anda?

Manfaat kandungan dalam kuning telur untuk jantung

Kuning telur memang dapat menyumbang kadar kolesterol dalam darah, jika kadarnya terlalu tinggi dalam darah maka dapat mengganggu kesehatan jantung Anda. Namun, dampak konsumsi kuning telur terhadap kadar kolesterol darah tidak seburuk jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Selain itu, kandungan nutrisi lain dalam kuning telur justru dapat melindungi kesehatan jantung. Salah satu nutrisi yang banyak dikandung kuning telur dan bermanfaat dalam melindungi jantung Anda adalah kolin.

Berapa banyak konsumsi kuning telur yang ideal?

Walaupun sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa kuning telur tidak berhubungan dengan penyakit jantung. Namun bagi Anda dengan kadar kolesterol tinggi, tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi kuning telur. Berbeda jika Anda mempunyai kadar kolesterol yang normal, konsumsi telur setiap hari tidak akan berdampak buruk pada jantung Anda.

Jika Anda memiliki kolesterol, Anda boleh-boleh saja mengonsumsi telur dan kuningnya asalkan porsi dan penyajiannya tepat. “Telur tersebut harus dikonsumsi dalam jumlah wajar dan tidak diolah dengan cara digoreng,”.

Sedangkan, bagi Anda yang sehat, Anda bisa makan kuning telur sampai tujuh kali per minggu tanpa mengkhawatirkan risiko penyakit jantung.

Itulah beberapa Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Jantung Anda!

 

You May Also Like