Categories: Education

Alat Musik Tradisional Beserta Daerah Asalnya

bhataramedia.comAlat Musik Tradisional Beserta Daerah Asalnya Indonesia terkenal dengan keaneka ragamannya, mulai dari bahasa, budaya, tarian, hingga alat musik. Dan itu pula yang membuat negara lain merasa terpukau dengannya. Karena selain unik, keberagaman tersebut merupakan gambaran dari setiap daerah yang ada pada Indonesia.

Dengan adanya berbagai macam bahasa, budaya, tarian hingga alat musik, menjadikan hal tersebut sebagai perwakilan atau ciri khas dari daerah yang merupakan asalnya. Misalnya saja bahasa banjar yang berasal dari Kalimantan Selatan, tari saman yang merupakan tarian asal Aceh, atau angklung yang merupakan alat musik asal Jawa Barat.

Indonesia terkenal dengan keaneka ragamannya, mulai dari bahasa, budaya, tarian, hingga alat musik. Dan itu pula yang membuat negara lain merasa terpukau dengannya. Karena selain unik, keberagaman tersebut merupakan gambaran dari setiap daerah yang ada pada Indonesia.

Dengan adanya berbagai macam bahasa, budaya, tarian hingga alat musik. Menjadikan hal tersebut sebagai perwakilan atau ciri khas dari daerah yang merupakan asalnya. Misalnya saja bahasa banjar yang berasal dari Kalimantan Selatan, tari saman yang merupakan tarian asal Aceh, atau angklung yang merupakan alat musik asal Jawa Barat.

Alat Musik Tradisional Indonesia

1. Gamelan

Alat musik yang berasal dari Jawa Tengah ini sudah terkenal hingga mancanegara. Bahkan di New Zealand dan Amerika Serikat, ada beberapa sekolah yang sudah memasukkan gamelan sebagai kurikulum yang diajarkan.

Related Post

2. Saluang

Sumatera Barat juga memiliki alat musik khasnya, yaitu saluang. Alat musik yang masih populer hingga kini, terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup.

3. Kolintang

Alat musik ini berasal dari Sulawesi Utara dan dimainkan dengan cara memukulnya menggunakan tongkat khusus yang biasanya pada ujung tongkat ada tambahan kain. Dan jumlah wilahan yang ada pada alat musik ini umumnya berjumlah 9 buah.

4. Gambus

Untuk alat musik yang berasal dari Riau ini, akan menimbulkan irama yang indah dengan cara dipetik dan biasanya memiliki 3 hingga 12 senar. Gambus sangat cocok dipadukan dengan gendang untuk menciptakan sebuah musik yang enak didengar.

5. Tifa

Alat musik yang merupakan khas dari Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua ini, dimainkan dengan cara serupa seperti gendang, yaitu dipukul. Tifa sering kali dihiasi dengan ukiran – ukiran indah khas Maluku ataupun Papua, yang menjadi daya tarik lebih bagi para turis untuk membawanya pulang sebagai oleh – oleh.

Demikian beberapa alat musik tradisional Indonesia beserta daerah asalnya. Semoga kita bisa melestarikan kebudayaan ini agar tidak tenggelam oleh kemajuan jaman dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang.

Herianto Fitriadi

Recent Posts

Cara Membuat Alamat Email dengan Domain Sendiri

Bhataramedia.com - Pada halaman ini kami akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Alamat Email dengan…

7 jam ago

Jelaskan Dua Bentuk Kedaulatan

Bhataramedia.com - Pastinya kamu pernah mendengar istilah kedaulatan, bukan? Umumnya kata – kata kedaulatan ada…

1 hari ago

10 Kode Rahasia Smartphone Android

bhataramedia.com - Smartphone Android dengan berbagai kelebihan dan kecanggihannya ternyata menyimpan banyak fitur tersembunyi yang…

1 hari ago

Cara Mudah Membuat NPWP Online

Bhataramedia.com - Sama seperti KTP, NPWP juga kita perlukan sebagai identitas kita, khususnya saat berurusan…

2 hari ago

Cara Memiliki Nomor Telepon Rumah Dari Smartphone Android

Bhataramedia.com - Cara Memiliki Nomor Telepon Rumah Dari Smartphone Android - Apakah anda ingin mempunyai…

2 hari ago

Mengapa Manusia Purba Membuat Peralatan Dari Bebatuan, Kayu dan Tulang?

Bhataramedia.com - Saat ini kita hidup pada zaman modern, yang mana semuanya sudah mudah dengan…

3 hari ago