Jangan Panik! Ini Tips Jika Ponsel Masuk Tercebur Ke Air

Jangan Panik! Ini Tips Jika Ponsel Masuk Tercebur Ke Air

Smartphone yang masuk dan tercebur ke air. Baik itu masuk ke bak mandi atau toilet, ke kolam renang, ke danau, atau ketika main di pantai kemudian ponsel jatuh dari kantong, adalah mimpi buruk untuk kelangsungan hidup ponsel tapi nyatanya banyak yang mengalaminya. Sayangnya, hanya dengan memasukkannya ke dalam beras ternyata belum cukup untuk menyelamatkan ponsel Anda karena beras tidak cukup mampu untuk menyerap air yang masuk ke bagian-bagian dalam ponsel. Lalu apa yang seharusnya dilakukan? Berikut adalah tips jika ponsel masuk ke dalam air.

Langsung ambil dan matikan

Langkah yang pertama adalah langsung ambil ponsel yang jatuh dan matikan perangkatnya. Makin lama perangkat berada di dalam air maka makin kecil kemungkinannya bisa diperbaiki. Untuk mematikan perangkat dengan cara hard shutdown, Anda bisa mencabut baterainya langsung dari body ponsel. Atau jika Anda menggunakan iPhone, hard shutdown bisa dilakukan dengan menekan tombol kunci dan tombol Home secara bersamaan selama kira-kira 5 detik. Segera mematikan ponsel fungsinya adalah agar tidak terjadi konslet pada kelistrikan di perangkat kerasnya.

Jangan dipanaskan

Tips jika ponsel masuk ke dalam air yang kedua adalah jangan mendekatkannya dengan sumber panas. Sebagian orang berusaha mengeringkan air di dalam ponsel dengan menyemburnya menggunakan hair dryer, mendekatkannya ke kompor yang menyala, bahkan memasukkannya ke dalam microwave/oven. Suhu panas akan membuat komponen halus pada ponsel jadi makin rusak. Bersihkan perlahan dengan menggunakan handuk atau lap kering, perhatikan bagian-bagian port seperti colokan charger atau headset. Jika ada air yang masuk ke sela-sela sempit Anda bisa mengeringkannya dengan angin bertekanan tanpa panas.

Cara mengeringkannya

Jika bisa sebaiknya buka casing agar air yang masuk ke dalam sela-sela perangkat bisa lebih mudah dikeringkan. Tapi jika Anda ragu, setidaknya cabut beberapa elemen yang bisa menghalangi air untuk hilang seperti misalnya SIM card, kartu micro SD, baterai, dan sebagainya. Untuk mengeringkan airnya, Anda bisa menginginkannya dengan menggunakan kipas angin. Bisa juga menggunakan beberapa hal untuk menyerap kelembabannya lebih cepat dibandingkan dengan beras misalnya silica gel, nasi instan, atau pasir kucing.

Jangan dinyalakan dulu

Tips jika ponsel masuk ke dalam air yang tidak kalah penting adalah berikan waktu beberapa hari pada ponsel yang habis tercebur untuk tidak dinyalakan atau diisi baterainya terlebih dahulu. Air yang masuk ke dalam bagian dalam ponsel bisa membutuhkan waktu yang lebih lama agar mengering. Setelah kering, tata kembali ponsel yang tadinya terbuka dan masukkan kembali baterainya kemudian coba nyalakan. Jika tidak bisa menyala Anda bisa mencoba untuk mengisi baterainya terlebih dahulu, beberapa model iPhone juga bisa melakukan proses sync meski ponsel mati sehingga data bisa dipindahkan.

You May Also Like