WhatsApp Makin Keren dengan Deretan Fitur Terbarunya

WhatsApp Makin Keren dengan 3 Fitur Terbarunya

BHATARAMEDIA.COM – WhatsApp Makin Keren dengan Deretan Fitur Terbarunya Diantara semua aplikasi messaging, WhatsApp masih menjadi favorit. Agar semakin memanjakan penggunanya, kini WhatsApp hadir dengan beberapa fitur baru. Fitur pertama adalah Group Calling Shortcut, memungkinkan anda melakukan panggilan dengan banyak user lain. Kedua, WhatsApp juga sekarang dilengkapi opsi unlock lewat Face ID. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya:

Unlock dengan Touch ID dan Face ID

Fitur biometrik ini baru memulai debutnya minggu lalu pada perangkat iPhone. Dengan update ini, pengguna bisa menambahkan sistem pengamanan tambahan pada aplikasi, yakni pemindai wajah dan sidik jari. Sistem otentifikasi ini mirip dengan yang terdapat pada beberapa aplikasi iOS. Sudah seharusnya aplikasi messaging seperti ini menyediakan privasi bagi penggunanya sebab siapapun berhak merahasiakan isi percakapan mereka kepada orang lain. Fitur ini juga memberikan keleluasaan bagi kita untuk menerima dan menolak panggilan, termasuk melihat notifikasi beserta isi pesan.

Untuk aktivasi, silakan buka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Setelah itu masuk ke Settings > Privacy > Screen Lock. Disana anda akan melihat opsi unlock dengan Touch ID atau Face ID. Berikutnya anda akan diminta untuk memilih waktu pengaktifan, apakah dalam 1 menit, 5 menit, atau 1 jam.

Fitur ini tersedia untuk versi WhatsApp terbaru, yaitu build v2.19.20. Jadi pastikan aplikasi anda sudah diperbarui sebelum mencobanya. Jika versi yang anda pakai sekarang adalah versi lama, bisa jadi anda belum mengaktifkan update otomatis. Segera update aplikasi secara manual lewat Google Play Store. Perlu diketahui, fitur biometrik sedang dalam fase awal perilisan, jadi mungkin beberapa perangkat belum mendapatkannya. Yang bisa dilakukan sekarang adalah mengupdate WhatsApp ke versi terbaru. Anda bisa mengecek kembali ketersediaan fitur tersebut nanti.

Group Calling Shortcut

Fitur group calling sudah ada sejak Agustus lalu, namun prosesnya bisa dibilang agak ribet saat itu. Untuk memakainya, pengguna harus membuat panggilan video ke sebuah kontak terlebih dahulu. Setelah terhubung, baru muncul pilihan untuk menambahkan partisipan. Pada update terbaru, proses tersebut jadi lebih ringkas, cukup tekan tombol ‘Add Participant’ di dalam grup, kemudian layar akan menampilkan deretan kontak yang bisa diajak ngobrol beramai-ramai. Untuk sekarang, kuota maksimal group calling hanya 4 orang saja, tapi tidak menutup kemungkinan ke depannya lebih banyak lagi yang bisa diakomodasi.

Accept / Reject undangan grup

Terkadang kita dibuat kesal saat tiba-tiba ada orang yang memasukkan nama kita ke sebuah grup. WhatsApp sepertinya mendengar keluhan penggunanya dengan sangat baik sebab di versi barunya, aplikasi ini punya fitur untuk memblokir undangan ke grup. Hanya saja untuk sekarang fitur ini sedang dalam tahap pengembangan. Untuk mengaktifkannya, silakan masuk ke Pengaturan> Akun> Privasi> Grup.

Nah, itu tadi beberapa fitur keren yang tentunya semakin meningkatkan fungsionalitas dari WhatsApp. Kita tunggu gebrakan apalagi yang akan dibawa di versi selanjutnya. Selamat mencoba.

You May Also Like