Lifestyle

Mencari Makanan Halal Saat Liburan ke Luar Negeri, Sulitkah?

BHATARAMEDIA.COM – Mencari Makanan Halal Saat Liburan ke Luar Negeri, Sulitkah? Tantangan liburan ke luar negeri bukan hanya soal menentukan kapan waktu yang tepat serta biaya yang diperlukan. Namun lebih dari itu, hal-hal yang sering dianggap sepele seperti makanan juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Tidak seperti Indonesia dimana sebagian besar penduduknya beragama muslim, mencari makanan halal di luar negeri merupakan tantangan tersendiri, terlebih bahan dasar non-halal seperti ‘pork’ atau daging babi merupakan menu santapan sehari-hari. Jadi jangan heran jika banyak restoran menyediakan hidangan tersebut. Kami akan berbagi beberapa tips penting untuk menemukan makanan halal ketika traveling ke luar negeri.

Cari restoran berlogo halal

Ketika sebuah restoran memajang label halal di pintu masuk, maka menu yang disajikan bisa dipertanggung jawabkan kehalalannya. Restoran terutama di destinasi wisata populer tidak sembarangan memajang label seperti ini. Kemungkinan sang pemilik beragama muslim atau restoran tersebut merupakan establishment yang khusus menyediakan makanan halal. Dengan begitu, cabang-cabang dari restoran tersebut juga seharusnya menyediakan menu serupa.

Pakai Google Maps

Apa yang tidak bisa dilakukan dengan Google Maps? Mencari pom bensin, ATM, rumah sakit, dan fasilitas lain sangat mudah berkat aplikasi satu ini. Bahkan keyword spesifik seperti ‘Halal Restaurants’ juga bisa ditampilkan. Langsung saja meluncur ke Google Play Store jika belum ada aplikasinya di Smartphone anda.

Related Post

Untuk mencari restoran halal di lokasi tertentu, cukup ketikkan ‘Halal Restaurants’ diakhiri dengan nama kota yang hendak dikunjungi. Dari sana anda bisa menemukan referensi restoran beserta kualitasnya. Hasil penelusuran pada Google Maps biasanya sudah disortir berdasarkan rating. Jadi anda tahu restoran-restoran mana saja yang mendapatkan banyak feedback positif dari pelanggan.

Makan di restoran seafood

Beberapa restoran dibuka khusus untuk pecinta seafood. Itu artinya anda tidak akan menemukan menu lainnya. Namun begitu, perlu diketahui bahwa beberapa hidangan seafood memakai alkohol sebagai bahan dasarnya. Jadi jika anda ingin makanan yang halal, sebaiknya minta kepada chef untuk men-skip alkohol. Dengan alasan apapun, seperti misalnya alergi atau menghindari alkohol, restoran profesional seharusnya bersedia memenuhi permintaan konsumen.

Masak sendiri

Ini merupakan alternatif terbaik jika anda ingin memastikan makanan yang dikonsumsi saat bepergian ke luar negeri sepenuhnya halal. Jika ada Asian Grocery Store di dekat penginapan, coba datang kesana sebab disini banyak terdapat rempah khas Asia, seperti kemiri, pala, ketumbar, dsb. Jika tidak, pertimbangkan membawa rempah langsung dari rumah. Saat ini banyak rempah yang dijual dalam kemasan botol-botol kecil.

Jangan khawatir, bumbu masakan tersebut tidak akan membebani bagasi anda karena ringan. Nah, jika sudah lengkap, anda tinggal mencari bahan utama, seperti daging sapi, kambing, ayam, atau yang lainnya. Meski terdengar simpel, tips ini sepertinya lebih cocok buat mereka yang pandai memasak. Jika tidak, mau tidak mau anda harus meluangkan waktu mencari restoran dengan hidangan halal.

andika setyawan

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago