4 Tips Menjadi Orang Yang Berpikir Kritis

berpikir kritis - IG

BHATARAMEDIA.COM – 4 Tips Menjadi Orang Yang Berpikir Kritis Kemampuan manusia pastinya berbeda satu dengan yang lainnya, bagi Anda yang cenderung pasif, maka sebaiknya mulai dari sekarang jadilah orang yang mempunyai pikiran kritis atau critical thinking terhadap sesuatu yang sedang berkembang di sekitar Anda.

Bagi anda yang memang ingin menjadi sosok yang berpikir kritis maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan supaya menjadi sosok tersebut, Apabila secara sederhana,  berpikiran kritis tersebut bisa digambarkan sebagai sebuah proses dalam mengevaluasi informasi dan validasi dalam membuat sebuah keputusan dan solusi yang benar.

Apalagi di zaman sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan, dikarenakan banyak bermunculan berita bohong alias hoax sehingga Anda pun ketika berinteraksi di media sosial maupun di kehidupan nyata harus menjadi sosok yang berpikiran kritis, supaya bisa menangkal kabar bohong tersebut dan anda pun bisa mendapatkan solusi dari permasalahn yang ada di lingkungan sekitar.

4 Tips Menjadi Orang Yang Berpikir Kritis

Bagi Anda yang ingin mempunyai pemikiran kritis atau critical thinking maka anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.

Rajinlah bertanya

Tips pertama supaya mempunyai kemampuan berpikir kritis yaitu anda harus lah rajin bertanya kepada orang lain, akan tetapi hal ini bukan berarti memperlihatkan ketidaktahuan anda akan tetapi anda ingin mendalami sebuah masalah dan mencari solusi yang benar-benar dan juga baik sehingga Anda pun tidak termakan hoax.

Orang yang berpikir kritis biasanya tidak akan langsung mempercayai apa yang mereka lihat atau mereka dengan di mana ketika mereka memperoleh informasi maka mereka pun langsung akan berpikir dan mencari tahu terhadap masalah tersebut sehingga akan rajin bertanya baik bertanya siapa sumber apa esensi apakah kabar tersebut benar atau bohong.

Membedakan opini dengan fakta

Menjadi sosok berpikir kritis memang tidaklah mudah di mana salah satu tips supaya meningkatkan daya asah berpikiran kritis Anda yaitu harus bisa membedakan mana opini dan juga mana fakta.

Ketika berbicara sebuah berita yang sedang happening diperbincangkan netizen, maka sebaiknya Anda tidak langsung mempercayai berita tersebut namun anda bisa terus menggali berita tersebut apakah termasuk opini atau fakta.

Menyaring informasi

Di media sosial seperti kita ketahui banyak sekali berita bohong yang selalu viral dan dibagikan oleh netizen yang tidak mempunyai ilmu lebih dan tidak berpikiran kritis sehingga bagi Anda yang ingin menjadi sosok yang mempunyai pikiran kritis haruslah bisa menyaring informasi yang sedang beredar di mana Anda harus mencari tahu referensi dari kabar tersebut sehingga tidak termakan isu dan hoax.

Melihat sudut pandang orang lain

Ketika anda berpikiran kritis maka salah satu hal yang tidak bisa dilupakan yaitu sudut pandang orang lain yang harus anda hormati. Ketika melakukan diskusi ataupun debat bersama teman maka anda bisa memperoleh banyak ilmu dari lawan debat anda sehingga Anda pun bisa membandingkan dengan pemikiran Anda dan apabila pemikiran Anda memang benar maka perjuangkan namun tetap menghormati pemikiran mereka.

You May Also Like