Lifestyle

Mencoba Fitur Pemesanan Kereta Api Lanjutan Yang Cuma Ada di Traveloka

Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pd/16

Kereta api menjadi salah satu transportasi yang menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk bepergian jauh. Di waktu-waktu tertentu seperti long weekend atau musim liburan, tiket tentu akan habis ludes tak bersisa padahal masih banyak calon penumpang yang berburu tiket. Hal ini lah yang menjadi perhatian khusus di Traveloka untuk menciptakan fitur yang mempu memberikan alternatif lain agar masyarakat tetap mendapatkan menggunakan transportasi ini.

Dengan sistem kereta lanjutan Traveloka, kamu bisa pergi ke stasiun yang tidak memiliki akses rute langsung. Pelanggan yang kehabisan tiket untuk ke stasiun tujuan juga bisa memilih opsi kereta lanjutan agar tetap bisa berangkat. Cara pemesanannya sama mudahnya dengan memesan tiket biasa.

Cara memesan tiket kereta lanjutan

Untuk memesan tiket melalui fitur kereta lanjutan Traveloka, kamu hanya perlu membuka situs Traveloka atau via aplikasi lewat smartphone milikmu. Pilih menu pemesanan seperti biasanya dan tentukan stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang.

Pada hasil pencarian, pilih perjalanan dengan“kereta lanjutan”. Kamu juga bisa melihat detail perjalanan, berupa nama stasiun transit, lama transit, dan juga harga, sebelum memastikan untuk memilih satu jadwal keberangkatan.

Pilih jalur keberangkatan yang menurutmu terbaik sehingga bisa merasa nyaman di perjalanan nantinya. Perhatikan waktu tunggu ketika di stasiun transit. Lengkapi data diri, dan pastikan lagi tidak ada data yang salah sehingga tidak mengganggu proses check-in nantinya.

Setelah pemesanan berhasil, ini yang harus kamu lakukan

Setelah selesai melengkapi data diri dan yakin dengan jadwal yang diinginkan, jangan lupa melakukan pembayaran. Konfirmasi pembayaran bisa kamu terima lewat email dan juga via aplikasi Traveloka.

Related Post

Kamu juga akan menerima dua tiket online berbeda untuk sekali jalan yang bisa diakses via email ataupun aplikasi di smartphone-mu. Karena kamu akan menggunakan dua kereta berbeda, pastikan dua tiket ini siap untuk diakses saat proses check-in di stasiun keberangkatan dan stasiun transit.

Jika calon penumpang melakukan pembelian tiket dengan mode lanjutan untuk pulang dan pergi, total akan ada empat tiket yang akan diterima.

Saat perjalanan, pastikan kamu tidak melewatkan hal-hal ini

Sedikit berbeda dengan perjalanan menggunakan rute biasanya, saat menggunakan mode “kereta lanjutan” pastikan kedua tiket untuk sekali perjalanan sudah siap. Bawa semua barang bawaan saat turun di stasiun transit. Lakukan check-in dengan mencetak boarding-pass untuk dan pastikan sudah berada di peron keberangkatan stasiun transit maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Kemudian naik ke gerbong yang disediakan dan pastikan jadwal untuk perjalanan ke stasiun tujuan.

Pembatalan dan perubahan jadwal untuk kereta lanjutan

Dengan sistem transit, tentunya banyak yang bertanya-tanya bagaimana jika penumpang ketinggalan kereta lanjutan karena ada masalah di perjalanan pada keberangkatan pertama. Tenang saja, waktu transit yang disediakan cukup panjang untuk meminimalisir ketinggalan kereta lanjutan. Kira-kira 3-7 jam. Namun, jika memang ada kendala yang sampai menyebabkan penumpang datang terlambat karena masalah pada kereta, Traveloka akan memberikan ganti rugi untuk perjalanan berikutnya.

Ketentuan pergantian dan pembatalan jadwal keberangkatan kereta lanjutan sama dengan kereta biasanya. PT KAI akan memberikan refund, tapi dengan potongan 25% dari harga awal dengan maksimal pengajuan refund atau ganti jadwal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Jadi tunggu apa lagi? Kini naik kereta jadi lebih mudah, jangkauan lebih luas, banyak alternatifnya, dan juga tak perlu takut kehabisan tiket. Karena Traveloka telah menyediakan solusi untuk kamu yaitu “kereta lanjutan”. Segera jadwalkan liburanmu!

Windu Merdekawati

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago