Rekomendasi Waktu Tidur untuk Mempromosikan Kesehatan yang Optimal

gangguan tidur
gangguan tidur
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Untuk pertama kalinya, American Academy of Sleep Medicine (AASM) telah merilis rekomendasi konsensus resmi untuk jumlah tidur yang dibutuhkan untuk mempromosikan kesehatan yang optimal pada anak-anak dan remaja untuk menghindari risiko kesehatan dari kurang tidur.

Rekomendasi di pernyataan konsensus adalah sebagai berikut :

  1. Bayi empat sampai 12 bulan harus tidur 12 sampai 16 jam per 24 jam (termasuk tidur siang) secara teratur untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.
  2. Anak-anak 1-2 tahun harus tidur 11 sampai 14 jam per 24 jam (termasuk tidur siang) secara teratur untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.
  3. Anak-anak 3-5 tahun harus tidur 10 sampai 13 jam per 24 jam (termasuk tidur siang) secara teratur untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.
  4. Anak enam sampai 12 tahun harus tidur sembilan sampai 12 jam per 24 jam secara teratur untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.
  5. Remaja 13 sampai 18 tahun harus tidur delapan sampai 10 jam per 24 jam secara teratur untuk mempromosikan kesehatan yang optimal.

Pernyataan konsensus AASM diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine edisi Juni dan akan dibahas minggu ini selama SLEEP 2016, Rapat Tahunan ke-30 Associated Professional Sleep Societies LLC (APSS) di Denver.

“Tidur sangat penting untuk kehidupan yang sehat, dan sangat penting untuk mendorong kebiasaan tidur yang sehat pada anak usia dini,” kata Dr. Shalini Paruthi, moderator panel konsensus pediatrik dan rekan dari American Academy of Sleep Medicine. “Hal ini sangat penting agar letika anak-anak mencapai usia remaja dapat mendapatkan tidur yang cukup,” dilansir American Academy of Sleep Medicine (13/06/2016).

Rekomendasi ini mengikuti proyek 10 bulan yang dilakukan oleh Panel Konsensus Pediatrik dari 13 ahli tidur terkemuka, dan didukung oleh American Academy of Pediatrics, Sleep Research Society dan American Association of Sleep Technologists. Para pakar mengulas 864 artikel ilmiah yang telah diterbitkan mengenai hubungan antara durasi tidur dan kesehatan pada anak-anak, mengevaluasi bukti menggunakan sistem penilaian formal, dan tiba di rekomendasi final setelah beberapa putaran pemungutan suara.

Panel Konsensus Pediatrik menemukan bahwa tidur dalam jumlah jam yang dianjurkan secara teratur dikaitkan dengan hasil keseluruhan kesehatan yang lebih baik termasuk : peningkatan perhatian, perilaku, belajar, memori, regulasi emosional, kualitas hidup, serta kesehatan mental dan fisik.

Para ahli menemukan bahwa tidur kurang dari jam yang direkomendasikan terkait dengan masalah perhatian, perilaku dan pembelajaran. Kurang tidur juga meningkatkan risiko kecelakaan, cedera, hipertensi, obesitas, diabetes dan depresi. Mereka juga menemukan bahwa kurang tidur pada remaja dikaitkan dengan peningkatan risiko menyakiti diri, pikiran untuk bunuh diri dan usaha bunuh diri.

“Lebih dari sepertiga penduduk AS tidak mendapatkan cukup tidur, dan untuk anak-anak yang berada pada tahun-tahun kritis pengembangan awal, tidur bahkan lebih penting,” kata Dr. Nathaniel Watson, presiden American Academy of Sleep Medicine 2015 – 2016. “Memastikan ada cukup waktu untuk tidur adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan gaya hidup sehat untuk anak.”

Selain itu, para ahli menemukan bahwa tidur secara teratur lebih dari jam yang direkomendasikan dapat dikaitkan dengan hasil kesehatan yang merugikan seperti hipertensi, diabetes, obesitas dan masalah kesehatan mental.

You May Also Like