Gen Prkci Membantu Mengatur Perkembangan Organisme dan Organ

stem cell, sel punca, bola berongga
stem cell, sel punca, bola berongga
Sel punca (stem cell) mengatur dirinya sendiri untuk membentuk bola berongga yang tersusun dari sel.(Credit: In Kyoung Mah, Francesca Mariani)

Bhataramedia.com – Menurut studi baru di Developmental Biology, sebuah gen yang disebut Prkci dapat mengarahkan sel ke arah yang benar.

Pada studi tersebut, peneliti USC Stem Cell, In Kyoung Mah, dari laboratorium Francesca Mariani dan rekan-rekannya menunjukkan peran Prkci dalam mengorganisir sel menjadi bola dan tabung selama embrio awal dan pembentukan organ.

Pada percobaan mereka, para peneliti menggunakan sel punca (stem cell) mencit untuk membentuk apa yang dikenal sebagai badan embryoid, atau kelompok sel yang meniru perkembangan awal embrio dan organ di dalam cawan petri.

Di dalam tubuh embryoid, seperti dalam embrio dan organ, sel mengorganisir diri ke dalam lapisan-lapisan jaringan yang disebut “epitel,” yang memisahkan bagian dalam dari luar. Untuk melakukannya, setiap sel memiliki sisi “apikal” yang dirancang untuk berbaris mengembangkan rongga dan permukaan, dan akhir “basal” yang dirancang untuk menghubungkan pada sel yang bersebelahan. Tanpa Prkci, sel-sel tidak dapat mengorganisir diri dalam apikal yang benar untuk mengarah ke basal (yang dikenal sebagai polaritas) dan rongga dalam tubuh embryoid tidak terbentuk.

Proses lain yang diperlukan untuk membentuk rongga tubuh embryoid, seperti tingkat proliferasi dan kematian sel, terus berjalan seperti biasanya tanpa adanya gen Prkci. Temuan ini lebih lanjut menggarisbawahi bahwa gen ini khusus mempengaruhi polaritas.

Namun, para peneliti menemukan bahwa mereka dapat mengembalikan polaritas normal dalam sel-sel yang kekurangan Prkci, dengan mencampur sel-sel normal dengan Prkci fungsional pada jumlah yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa sel-sel dengan Prkci mengirim beberapa sinyal molekul yang tidak diketahui pada sel-sel yang kekurangan Prkci, mengatakan kepada sel tersebut harus pergi ke arah mana.

“Temuan kami dapat berdampak bagi mereka yang sedang mempelajari perkembangan embrionik, serta organisasi dan pemeliharaan organ,” kata penulis senior Mariani, peneliti utama di USC.

“Identifikasi sinyal polarisasi ini dapat membantu mengembangkan strategi klinis untuk menyetel kembali sel-sel ketika mereka menjadi bingung, seperti yang sering terjadi pada kanker yang mempengaruhi organ epitel seperti paru-paru, payudara dan prostat,” kata Mariani, seperti dilansir University of Southern California – Health Sciences (13/06/2016).

You May Also Like