5 Aturan Sederhana untuk Hidup Sehat dan Cegah Demensia

lari, jogging

Bhataramedia.com – Penelitian di Inggris yang memantau kebiasaan sehat dari 2235 pria di atas 35 tahun, telah menemukan bahwa lima aturan sederhana adalah kunci untuk hidup panjang dan sehat. Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Cardiff University tersebut, merupakan studi terpanjang dari jenisnya untuk menyelidiki pengaruh dari kebiasaan sehari-hari di dalam perkembangan penyakit kronis. Mereka menemukan bahwa lima aturan yang penting untuk mengurangi risiko penyakit kronis adalah :

1. Olahraga teratur

2.Berat badan yang sehat

3. Diet sehat

4. Mengkonsumsi sedikit alkohol

5. Tidak merokok.

Orang-orang yang mengikuti empat dari lima aturan mengalami penurunan 60 persen di dalam tingkat demensia dan kerusakan kemampuan mental lainnya, dengan olahraga menjadi faktor meringankan paling kuat. Ada juga penurunan 70 persen di dalam kasus diabetes, penyakit jantung dan stroke ketika orang-orang tersebut dibandingkan dengan mereka yang tidak mengikuti satupun aturan.

“Penurunan jumlah penyakit karena langkah-langkah sehat sederhana telah benar-benar membuat kami kagum. Hal ini sangat penting dan berarti besar di dalam populasi yang menua,” kata pemimpin studi, Peter Elwood dari Cardiff University School of Medicine.

“Penelitian kami telah menunjukkan bahwa mengikuti gaya hidup sehat memberikan manfaat mengejutkan besar bagi kesehata. Perilaku sehat memiliki efek yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan pengobatan medis atau prosedur pencegahan,” kata dia.

Menjadi sehat, bagaimanapun juga, bermuara pada tanggung jawab pribadi dan beberapa orang benar-benar mengikuti semua lima aturan secara konsisten. “Melakukan dan mengikuti gaya hidup sehat adalah tanggung jawab individu,” lanjut Elwood.

“Sayangnya, bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa sangat sedikit orang yang mengikuti gaya hidup sehat sepenuhnya. Selain itu, temuan kami menunjukkan bahwa sementara jumlah orang yang merokok telah turun sejak studi ini dimulai, jumlah orang yang menjalani pola hidup sehat sepenuhnya tidak berubah,” jelas Elwood

“Jika orang-orang yang terlibat di dalam penelitian didesak untuk mengadopsi satu tambahan perilaku sehat pada awal penelitian 35 tahun yang lalu dan jika hanya setengah dari mereka memenuhi, maka selama 35 tahun berikutnya akan ada 13 persen penurunan demensia, penurunan 12 persen diabetes, penurunan enam persen penyakit kardiovaskular dan lima persen pengurangan kematian,” lanjut dia.

You May Also Like