6 Cara Mengejutkan Agar Tetap Sehat Selama Musim Flu

pilek flu

Bhataramedia.com – Setiap tahun, penyakit influenza membutuhkan biaya pengobatan yang tidak sedikit. Namun kebiasaan baik peningkat sistem kekebalan tubuh dapat menjauhkan Anda dari penyakit tersebut.

Pertahanan terbaik yang dapat Anda lakukan dimulai dengan rajin mencuci tangan dan vaksinasi flu. Namun, studi-studi menunjukkan bahwa ada langkah-langkah tambahan yang dapat Anda ambil untuk tetap bebas dari penyakit pernafasan, atau setidaknya membuat pemulihan lebih cepat.

Berikut adalah enam strategi terbaik untuk tetap sehat selama musim dingin dan terhindar dari flu :

1. Relaksasi

Menurut penemuan para peneliti dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health in Madison, berlatih kombinasi meditasi dan yoga selama delapan minggu dapat mengurangi kejadian, intensitas, dan durasi gejala pilek dan flu hingga 50 persen di antara sekelompok orang di atas usia 50< dibandingkan dengan orang yang tidak bermeditasi. Studi ini jug a menemukan bahwa olahraga ringan juga dapat mengurangi gejala flu hingga 40 persenpeningkatan sistem kekebalan tubuh melalui terapi pikiran dan tubuh, terutama chi tai dan qi gong.

2. Bernyanyi

Para peneliti di Jepang menguji darah dan air liur dari sekelompok orang di atas usia 60 sebelum dan sesudah latihan bernyanyi dan menemukan kadar hormon yang terkait dengan stres seperti kortisol menurun setelah mereka menyanyikan sebuah lagu. Pada saat yang sama, kadar imunoglobulin A (zat yang menangkal virus dan bakteri) naik. Kedua perubahan tersebut adalah tanda-tanda dari sistem kekebalan tubuh yang kuat.

3. Konsumsi Probiotik

Pada studi dari Rutgers School of Health Related Professions, orang-orang yang mengkonsumsi probiotik tertentu (bakteri baik yang terkandung di dalam makanan seperti yogurt dan keju) memiliki gejala yang lebih ringan setelah terkena flu dan sembuh dua hari lebih cepat. Probiotik dapat mengurangi gejala flu dengan mematikan respon inflamasi tubuh terhadap virus flu.

4. Istirahat yang cukup

Menurut peneliti  dari Carnegie Mellon University, orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam tiga kali lebih mungkin untuk menderita sakit dibandingkan orang-orang yang memiliki waktu tidur delapan jam. Baru-baru ini, studi terbaru dari Finlandia juga menemukan bahwa orang-orang yang mendapat vaksinasi flu dan kemudian terbangun setelah hanya beberapa jam tidur menghasilkan lebih sedikit antibodi pelindung dibandingkan mereka yang tidur normal setelah vaksinasi.

5. Mengkonsumsi suplemen

Menurut review terbaru dari Cochrane Database of Systematic Reviews, vitamin C (1-2 gram per hari) dapat mengurangi gejala demam dan jika Anda mengkonsumsinya setiap hari, dapat mengurangi gejala infeksi saluran pernapasan. Ulasan lainnya dari Cochrane menunjukkan bahwa zinc lozenges (75 miligram per hari) dapat mengurangi demam satu atau dua hari jika diambil di dalam waktu 24 jam dari batuk pertama.

6. Interaksi sosial

Studi dari Carnegie Mellon University menunjukkan bahwa kehidupan sosial yang dinamis dapat memerangi penyakit pernapasan. Pada penelitian ini, para peneliti memapar sekelompok orang dengan virus flu dan kemudian menunggu untuk melihat siapa yang jatuh sakit. Individu dengan jaringan sosial yang lebih baik sedikit kemungkinannya untuk jatuh sakit, sementara individu penyendiri lebih rentan.

You May Also Like