Cobalah Aktivitas ini untuk Bakar Kalori !

bersepeda

Bhataramedia.com – Makanan yang kita makan, apalagi yang mengandung kolesterol, akan menumpuk dalam tubuh. Dibutuhkan olahraga teratur untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh agar tidak mengundang obesitas dan lusinan penyakit. Di bawah ini adalah cara-cara pembakaran kalori yang disarankan para ahli. Kimberly Lummus, MS, RD selaku koordinator untuk Austin Dietetic Association di Austin, Texas, menyarankan aktivitas di bawah ini dilakukan per 30 menit untuk berat badan rata-rata 68 kilogram.

1. Berkebun

Menyiram tanaman, mencabut rumput, membersihkan daun kering, atau menanam biji, ternyata mampu membakar hingga 153 kalori dengan frekuensi 3-4 kali seminggu. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki waktu luang dan ingin mengerjakan sesuatu yang bermanfaat. Namun jangan lupa untuk melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu. Pasalnya, aktivitas berkebun mengharuskan untuk jongkok, berdiri, dan membungkuk secara berulang, yang rawan menyebabkan cedera.

2. Bersepeda santai

Mengayuh sepeda dengan kecepatan sedang bisa membakar 220 kalori dengan frekuensi dua kali seminggu. Jika dengan kecepatan sedikit tinggi, 19-22 km/jam selama satu jam, maka kalori yang terbakar bisa mencapai angka 550. Tidak hanya membakar kalori, bersepeda juga sangat bagus untuk menguatkan tulang, otot perut, dan punggung.

3. Belanja

Dengan berjalan mendorong kereta belanjaan, memilih barang, dan mengitari rak-rak toko selama satu jam, Anda dapat menghabiskan 250 kalori. Lakukan kegiatan ini satu atau dua kali dalam sebulan.

4. Berlari

Dengan latihan lari setiap pagi, Anda telah membakar sebesar 374 kalori. Jika Anda berlari dengan kecepatan 11 km/jam selama satu jam, jumlah kalori yang terbakar dari tubuh Anda bisa mencapai 700 kalori. Selain membakar kalori, berlari dapat melenturkan tubuh dan “memaksa” seluruh sendi-sendi untuk bergerak aktif, terutama punggung, kaki, dan pantat. Untuk menghindari cedera, lakukan pemanasan dengan berjalan 10-15 menit.

5. Berenang

Secara psikologis, sentuhan air dengan fisik akan menerbitkan rasa nyaman dan rileks. Kunci dari pembakaran kalori dalam berenang adalah rutinitas. Dengan berenang santai Anda dapat membakar 400 kalori tubuh, sedangkan jika sanggup menempuh 45 meter dalam satu menit, kalori yang terbakar sejumlah 550 per jam. Selain melenturkan otot, renang juga menyehatkan jantung karena melancarkan peredaran darah dari dan menuju jantung. Untuk menghindari kram, regangkan tangan Anda ke atas, samping, dan belakang.

6. Bowling

Berdasarkan penelitian Dr. Todd Keylock, asisten profesor kedokteran olahraga dari Bowling Green State University’s School of Human Movement, bowling dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap rasa nyeri. Olahraga yang termasuk permainan ini mampu membakar 100 kalori dengan frekuensi satu kali seminggu.

7. Naik turun tangga

Aktivitas ini sama sekali tidak memakan waktu, bisa Anda lakukan di rumah, di kantor, maupun di sekolah. Berjalan biasa menaiki dan menuruni tangga setiap hari dapat menghabiskan 200 kalori Anda.

You May Also Like